A. Ginanjar Sya’ban


Kitab “Raudhah al-Wildân” sendiri merupakan tsabat (kumpulan sanad atau genealogi intelektual) dari Habib Salim b. Jindan, termasuk di dalamnya memuat ratusan biografi dari guru-guru beliau. Kitab ini ditulis dalam bahasa Arab dan terdiri dari empat juz, serta ditulis dalam tempo masa antara tahun 1927-1940 M.

Dr. Ahmad b. Muhammad al-Dubyan telah menelaah kitab “Raudhah al-Wildân” karangan Habib Salim b. Jindan dan menjadikannya sebagai sumber utama untuk penulisan kitab “al-Syaikh al-Muhaddits al-Sayyid Sâlim b. Ahmad b. Jindan” yang berisi biografi intelektual Habib Salim b. Jindan. Karya al-Dubyan tersebut diterbitkan di London oleh The London Central Mosque Trust and The Islamic Cultural Center (tanpa tahun). Saya mendapatkan kitab ini sebagai hadiah berhaga dari Habib Jindan b. Novel b. Salim b. Jindan, pengasuh Pesantren al-Fakhriyyah Tangerang (Banten) yang juga cucu dari Habib Salim b. Jindan, ketika sowan ke hadapan beliau pada bulan Oktober 2018 lalu.

Para ulama yang menjadi guru Habib Salim b. Jindan sebagaimana termaktub biografinya dalam kitab ini berasal dari berbagai negara, mulai dari Maroko, Mesir, Saudi Arabia, Yaman, Suriah, India, hingga Nusantara, baik ulama Nusantara yang berada di tanah air mereka atau yang bermukim di Makkah.

Di antara ulama Nusantara yang disebutkan biografinya sebagai guru Habib Salim b. Jindan sebagaimana terdapat dalam kitab ini adalah Syaikh Mahfuzh Tremas, Syaikh Khalil Bangkalan, Syaikh Mukhtar Bogor, Syaikh Baqir Jogja, Syaikh Ahyad Bogor, Syaikh Abdul Qadir Mandailing, Guru Manshur Betawi, Guru Marzuqi Betawi, KH. Hasyim Asy’ari Jombang, KH. Faqih Abdul Jabbar Maskumambang Gresik, dan lain-lain.

Nama terakhir, yaitu KH. Faqih b. Abdul Jabbar Maskumambang, biografi dan jaringan intelektualnya termaktub pada halaman 389 juz II dari kitab “Raudhah al-Wildân” ini. Tertulis di sana:

من مشايخي في الاجازة العالم المشرع الفاضل العالم المتفرع الكامل الفقيه المسند الثبت المرشد الشيخ فقيه بن عبد الجبار المسكومباني السيدايواني الجاوي

(Di antara guru-guru saya yang memberi saya ijâzah [kredensi intelektual] adalah seorang yang alim, yang ahli syari’at, yang memiliki keutamaan, yang ilmunya bercabang, yang sempurna, seorang faqih, musnid, tsabat, mursyid, Syaikh Faqih b. Abdul Jabbar Maskumambang Sedayu Jawa)

Habib Salim b. Jindan kemudian menuliskan tahun kelahiran gurunya itu, desa kelahirannya, sekaligus guru-guru masa kecil dan remajanya. Beliau mencatat:

المولود بقرية المسكومبان من أعمال سيدايو بجاوا الشرقية سنة 1286 هجرية ونشأ بها وأخذ العلم عن أبيه وعليه قرأ القرآن بقراءة نافع وغيره وتفقه على يده وقرأ عليه المنهاج وتعلم العربية وأخذ النحو واللغة عن العلامة المقرئ محمد خليل البنكلاني

(Dilahirkan di desa Maskumambang, wilayah Sedayu [Gresik] di Jawa Timur tahun 1282 Hijri [1866 Masehi], dan tumbuh di sana. Beliau belajar kepada ayahnya, membaca al-Qur’an dengan qira’at Nafi’ dan selainnya, juga belajar fikih kepadnya dan membaca kitab al-Minhâj [Minhâj al-Thâlibîn karya al-Nawawî]. Beliau lalu belajar ilmu nahwu dan bahasa Arab dari al-‘Allâmah al-Muqrî [KH] Kholil Bangkalan).

Selanjutnya, Habib Salim b. Jindan menerangkan, jika setelah masa nyantri dari KH. Kholil Bangkalan, Faqih Maskumambang lalu pergi haji dan bermukim di Makkah selama beberapa tahun lamanya. Habib Salim b. Jindan juga menyebutkan beberapa nama guru dari KH. Faqih Maskumambang ketika di Makkah. Beliau menulis:

وحج عام 1298 هجرية وأقام بمكة بعد الحج وطلب العلم فيها. وأخذ عن السيد أبي بكر بن محمد شطا والسيد عمر بن محمد شطا وولده أحمد وأدرك تلاميذ السيد أحمد بن زيني دحلان وأخذ عنهم. وتلقى الفقه والنحو عن الشيخ محمد بن سليمان المكي تلميذ محمد عابد السندي وعبد الله بن حسن الدمياطي، وسمع صحيح الترمذي في عدة المجالس من الشيخ سعيد بن محمد بابصيل مفتي الشافعية، وصحيح البخاري من السيد حسين بن محمد الحبشي العلوي وسمع منهما وروي عنهما وعن عابد بن السحين بن إبراهيم المالكي وجمال بن الأمير المالكي وسعيد بن محمد اليماني ومحفوظ بن عبد الله الترمسي وعبد الحي بن عبد الكبير الكتاني

(Pada tahun 1298 Hijri [1880 Masehi] KH. Faqih Maskumambang pergi haji dan bermukim di Makkah untuk thalabul ilmi. Beliau belajar kepada Sayyid Abu Bakar b. Muhammad Syatha, Sayyid Umar b. Muhammad Syatha dan anaknya Ahmad. Beliau juga “menangi” beberapa murid Sayyid Ahmad b. Zaini Dahlan dan belajar dari mereka. Beliau belajar fikih dan nahwu kepada Syaikh Muhammad b. Sulaiman al-Makki, murid dari Muhammad ‘Abid al-Sindi dan Abdullah b. Hasan al-Dimyathi. Beliau mengaji Shahih Tirmidzi di beberapa majlis, seperti majlis Syaikh Sa’id b. Muhammad Ba-Bashil yang saat itu menjabat sebagai mufti madzhab Syafi’i. Beliau juga mengaji Shahih Bukhari dari Sayyid Husain b. Muhammad al-Habsyi al-‘Alawi. Beliau mengambil riwayat dari Abid b. Husain b. Ibrahim al-Maliki, Jamal b. al-Amir al-Maliki, Sa’id b. Muhammad al-Yamani, Mahfuzh b. Abdullah al-Tarmasi, dan Abdul Hayy b. Abdul Kabir al-Kattani)

Selain belajar kepada ulama besar Makkah, KH. Faqih Maskumambang juga mengambil kredensi intelektual (ijâzah) dan sanad keilmuan dari ulama-ulama besar dunia Islam yang datang ke Makkah untuk berhaji, seperti Syaikh Syu’aib b. Ali al-Rabathi, Syaikh Muhammad Ja’far al-Kattani, Syaikh Abdullah Shudfan al-Hanbali al-Dimasyqi, Syaikh Abdul Aziz b. Ahmad al-Banati al-Fasi, dan lain sebagainya.

Informasi berharga lainnya yang dikemukakan oleh Habib Salim b. Jindan dalam “Raudhah al-Wildân” adalah keberadaan kitab tsabat dan sanad milik KH. Faqih Maskumambang, berjudul “Ghâyah al-Amânî fî Asânîd al-Syaikh Faqîh b. ‘Abd al-Jabbâr al-Maskûmbânî”. Habib Salim b. Jindan mengatakan jika dirinya mendapatkan kitab tersebut dari KH. Faqih Maskumambang di Surabaya.

Sepulangnya dari Makkah, KH. Faqih Maskumambang kemudian menetap di Maskumambang, Gresik, Jawa Timur dan membuka pesantren di sana. Beliau juga terhitung sebagai kawan dekat KH. Hasyim Asy’ari Jombang yang mana bersama-sama turut serta membidani kelahiran Nahdlatoel Oelama (NU) di Surabaya pada tahun 1926. Kedekatan hubungan ini pun kian bertambah erat ketika salah satu cucu KH. Faqih, yaitu KH. Ma’shum Ali (pengarang kitab ilmu shorof “al-Amtsilah al-Tashrifiyyah” yang terkenal), dinikahkan dengan putri pertama KH. Hasyim Asy’ari, yaitu Nyai Khoiriyyah Hasyim. Cucu KH. Faqih yang lain, yang juga adik KH. Ma’shum Ali, yaitu KH. Adlan Ali, juga terhitung sebagai salah satu tokoh NU masa-masa awal.

KH. Faqih Maskumambang tercatat memiliki beberapa karangan yang ditulis dalam bahasa Arab, di antaranya adalah “al-Manzhûmah al-Dâliyyah li Ma’rifah al-Syuhûr al-Qamariyyah” dalam bidang ilmu falak, juga kitab “al-Nushûsh al-Islâmiyyah fî al-Radd ‘alâ al-Wahhâbiyyah” yang mengkritik dan menolak ideologi kaum puritan Wahhabisme dari Nejd. KH. Faqih wafat pada tahun 1353 H/1937 M dan dimakamkan di Maskumambang.

Penerus KH. Faqih Maskumambang adalah KH. Ammar b. Faqih Maskumambang (lahir 1902 dan wafat 1965), yang melanjutkan tonggak kepemimpinan pesantren Maskumambang sepeninggal KH. Faqih. KH. Ammar b. Faqih juga menulis beberapa karangan kitab, di antaranya adalah “al-Rudûd wsa al-Nawâdir” yang mengkaji permasalahan hukum dua sembahyang Jum’at, juga kitab “al-Nûr al-Mubîn”, “al-Hujjah al-Bâlighah”, “Tahdîh Ahl al-Sunnah wa al-Jamâ’ah”, dan lain-lain.

Bogor, Rabiul Tsani 1440 H/ Desember 2018 M
Alfaqir A. Ginanjar Sya’ban

10 Responses

Tinggalkan Balasan ke Anonim Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *