Aku dan kawan-kawan memanggil Abu Qasim sebagai Syekh karena beliau begitu luas wawasan keilmuannya dan begitu dalam tingkat pemahamannya terutama dalam ilmu agama. Keluasan dan kedalaman ini, kukira karena beliau sangat menguasai bahasa Arab dengan begitu dalam. Beliau bukan saja fasih dalam bercakap-cakap dalam bahasa Arab, tapi juga mahir nahwu, sharaf, balaghah bahkan pandai ilmu ‘arudl, nusus dan uslub. Beliau kata Dr. Anang Saifuddin (ahli linguis bahasa Inggris) hafal hampir 500-an syair-syair hikmah dan segenap pemaknaan dan nilai-nilai filosofisnya. Kitab Hikam karya Athaillah al-Askandary, berupa untaian syair indah mutiara hikmah yang sulit dimamah beliau hafal di luar kepala dan beliau begitu gamblang memahami dan menjelaskannya. Beliau bisa dikatakan sebagai kitab Hikam berjalan bahkan mungkin telah menjadi sikap dan laku hidup beliau sehari-hari. Di samping itu, Dr. Nur Effendy (ahli pustaka dan bahasa Inggris) yang rajin ngaji menyauk banyak ilmu dan amal beliau mengatakan bahwa beliau banyak menyembunyikan amal-ibadahnya di hadapan orang, tak suka pamer, tidak gubris popularitas dan rendah hati. Sementara Dr. H. Asikin Nor (ahli Pendidikan Tasawuf) yang sering ngaji secara sorogan, beberapa kitab kuning kelas berat (Mukasyafatul Qulub karya Imam Ghazali,   Futuhatul Makkiyah karya Ibnu Arabi, Syajaratul Ma’arif karya Izzuddin Ibnu Abdussalam) di rumah beliau, sering lupa waktu dari ba’da isya sampai larut malam, mabuk membaca dan kecanduan membahas ilmu yang terkandung di dalam setiap teks kitab hingga pemahaman tidak menjadi tekstual, harfiyah dan skripturalistik, melainkan subtantif dan esensialistik.

Sejak kapan beliau menjadi maniak membaca dan otodidak melahap berbagai cabang ilmu keislaman ? Aku sebenarnya kurang mengetahui banyak latar belakang keluarga dan latar belakang pendidikan beliau. Aku hanya tahu beliau berasal dari kota Nagara, Hulu Sungai Selatan, kemudian Ayah dan Ibu beliau hijrah ke Banjarmasin dan tinggal di daerah Kelayan A. Nampaknya keluarga beliau termasuk sebuah keluarga yang sangat memperhatikan pendidikan hingga sejak kecil beliau sudah mengenal ilmu-ilmu dasar keislaman. Beliau lahir sekitar tahun 1962, dan meninggal dunia 9 Oktober 2020 dalam usia 58 tahun, dengan meninggalkan seorang isteri dan tiga orang anak serta satu orang cucu. 

Dalam setengah riwayat beliau menempuh pendidikan dasar di salah satu SD Banjarmasin, tamat sekitar tahun 1976. Kemudian, setamat SD beliau melanjutkan pendidikan ke Muallimin Pondok Pesantren Darussalam, Martapura, sampai selesai tingkat Aliyah sekitar tahun 1982. Di sini beliau mulai hobby membaca dan haus akan ilmu. Tidak cukup belajar formal di kelas dengan tuan-tuan guru di Darussalam, beliau rajin pula nambah ngaji khusus atau ngaji duduk dengan beberapa guru yang membuka pengajian di rumah mereka. Di antaranya, beliau belajar tafsir Alqur’an dengan Guru Jarkasi, ilmu alat (nahwu, shraf dan balaghah) dengan Guru Syukri Unus dan tasawuf dengan Abah Guru Sakumpul (Tuan Guru H. M. Zaini Ghani). Tidak sampai di situ, beliau rajin menelaah kitab-kitab yang dipelajari sampai paham betul termasuk belajar bahasa Arab secara otodidak di rumah.

Kemudian, sekitar tahun 1983 beliau melanjutkan studi ke STAIN Jember, Jawa Timur mengambil Fakultas Adab (Sastra Arab). Di sini, beliau mulai berkenalan dengan sastrawan Arab dan karya-karyanya dari masa klasik sampai masa moderen hingga bahasa Arab semakin berkilau, apalagi beliau suka sekali menghapal syair-syair (puisi) dari Imam Busyiri, Sayyid Ja’far, Abul A’la Al-Ma’ary, Ahmad Syauqi, Al-Manfaluthi, Jibran Khalil Jibran (Kahlil Gibran), Elia Abumadi dan terutama syi’ir-syi’ir Hikam karya Ibnu Athaillah Al-Askandary yang sangat beliau gandrungi. Beliau diperkirakan tamat dari sini, sekitar tahun 1988. Tak berapa lama beliau langsung diterima menjadi dosen STAIN Palangkaraya, Kalimantan Tengah, dan tahun 1992 beliau ditarik IAIN Antasari untuk menjadi dosen di Fakultas Tarbiyah jurusan Bahasa Arab. Tahun 2004 beliau sempat menjadi Sekretaris Jurusan Bahasa Arab dan tahun 2012 beliau sempat menjadi Ketua Jurusan Bahasa Arab. Kemudian, beliau melanjutkan studi S2 di IAIN Sunan Ampel, Surabaya dengan konsentrasi Tafsir-Hadis. Beliau selesai sekitar tahun 2015, dengan menulis tesis tentang Tafsir Mizan karya Thabathaba’i seorang mufassir Syi’ah yang sangat apresiatif terhadap tafsir dari kalangan Sunni. 

Begitulah sosok Syekh Abu Qasim, dosen yang sangat alim. Para murid beliau banyak sudah yang menyelesaikan S3, tapi beliau sendiri hanya S2 belaka, belum sempat menyelesaikan proses S3 beliau yang tinggal sedikit waktu di UIN Walisongo, Semarang. Namun terus terang secara keilmuan beliau sudah melebihi S3 bahkan mungkin sudah melampaui guru besar atau profesor. Hebatnya lagi, beliau dalam penampilan sehari-hari sangat sederhana dan bersahaja seperti tidak mencerminkan kedalaman ilmu, amal dan kesalehan beliau. Turun mengajar ke kampus hanya berkendaraan butut tanpa ada perasaan gengsi di antara dosen-dosen lain yang rata-rata memakai mobil.

Terakhir, aku dan kawan-kawan takkan melupakan jasa-jasamu sebagai salah satu Founding Father One Week One Juz yang sudah berjalan hampir 6 tahun. Selamat Jalan Syekh Abu Qasim, kematianmu sangat nyaman, mulus dan indah seperti kapas atau bulu angsa yang ditiup angin, terbang, melayang jauh tinggi menghilang menuju keabadian.

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *