MISTERI TIDUR GUS DUR

2
398

-Pak Mahfud MD, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi dan mantan Menteri Pertahanan di Kabinet Gus Dur. Kata pak Mahfud MD, “selama saya duduk di kabinet, menjadi menteri Presiden Gus Dur, hal itu (tidur, tapi menyerap) juga saya saksikan.

Saat sidang kabinet, biasanya Gus Dur membuka sidang dengan pengantar singkat, kemudian menyerahkan kepada Mbak Megawati (wapres) untuk memimpin sidang. Gus Dur kemudian tertidur. Tapi, begitu sidang kabinet selesai dan forum dikembalikan kepada presiden untuk ditutup, ternyata resume serta ulasan yang dibuat Gus Dur sangat cocok dengan yang dibicarakan dalam sidang kabinet itu. Padahal, Gus Dur tertidur ketika para menterinya berdiskusi.

Ketertiduran Gus Dur tersebut tak terkecuali saat sedang bertemu resmi dengan pimpinan negara lain. Ketika pada 2001 Perdana Menteri India Rajvaje beserta rombongannya diterima resmi oleh rombongan Presiden Gus Dur, lagi-lagi dia tertidur. Padahal, PM India itu sedang berbicara serius persis di seberang meja Gus Dur.

Ajudan Gus Dur mengantarkan permen kepada saya sambil berbisik. “Pak, ini berikan kepada presiden. Mohon presiden diajak berbicara agar tak tertidur,” kata ajudan itu. Saya yang memang duduk persis di samping kiri Gus Dur mencolek pahanya sambil ngajak bicara. “Gus, rencana kunjungan ke Mesir…,”

Belum selesai saya berbicara, Gus Dur sudah memotong. “Ssst, tak usah laporan dulu, nanti saja. Ini ada tamu penting harus kita dengarkan,” ujar Gus Dur. Saya tertawa. Apalagi, Gus Dur tidur lagi, bukan mendengarkan. Tapi, begitu tiba giliran berbicara, Gus Dur menanggapi satu per satu dengan tepat masalah-masalah yang dikemukakan PM India dan para menterinya tersebut, bahkan memberikan arahan tertentu untuk menteri-menterinya tentang segi-segi penting yang harus ditindaklanjuti dari pertemuan itu”

-Effendy Ghazali, Pakar Komunikasi Politik UI.

Katanya, dalam sebuah diskusi Gus Dur tertidur pulas, saat itu banyak orang yang bertanya pada Gus Dur.

“Saya sampai mencatat lengkap semua pertanyaan mereka,” kata Effendy yang takut Gus Dur tidak tahu ada yang tanya. Namun dugaan Effendy meleset, saat bangun Gus Dur tahu semua pertanyaan dan siapa yang bertanya. Mulai saat itu Effendy percaya tentang cerita misteri tidur Gus Dur (Sumber)

-Kolonel Inf Agus Sutomo, mantan Wakil Komandan Grup Paspampres Gus Dur, dan mantan Danrem 061 Suryakancana.

Katanya, “Kemampuannya mengingat sesuatu sangat tampak saat hendak menghubungi seseorang lewat telepon genggamnya. Walaupun penglihatannya sudah tidak dapat berfungsi dengan baik, Gus Dur sanggup menekan sendiri tombol di handphonenya, lalu menghubungi orang yang dituju,” papar Agus.

Bagaimana bisa begitu? “Gus Dur melakukannya dengan menggunakan perasaan, plus daya ingat untuk menghafal urutan nomor orang-orang yang ada di phonebooknya. Ini yang saya tahu tentang Gus Dur selama saya bertugas,” tandas Agus, menutup pembicaraan (Sumber).

-Arif Afandi, mantan wartawan Jawa Pos yang sering ikut meliput kegiatan Gus Dur, dan mantan Wakil Walikota Surabaya.

Katanya, setelah Gus Dur terserang stroke pertama tahun 1996, saya pun berkunjung ke Ciganjur untuk menjenguknya. Begitu tahu saya yang datang, Gus Dur langsung nyeletuk menanyakan sambal terong bikinan ibu saya (yang pernah disuguhkan ibunda Arif Afandi saat Gus Dur berkunjung pada tahun 1993 di Blitar). ”Aduh Gus, ibu saya sudah meninggal dua tahun lalu,” kata saya spontan. Gus Dur pun lantas menimpali kata-kata ikut berduka dengan bergumam: Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un.

Dalam batin saya sangat terkejut dengan pertanyaan sambel terong itu. Mengapa? Orang yang baru saja terserang stroke masih dapat mengingat hal yg sangat sepele spt itu. Sungguh sangat luar biasa…

Lahul fatihah…

2 KOMENTAR

  1. You really make it seem so easy with your presentation but I in finding this topic to be actually one thing which I feel I would never understand. It kind of feels too complex and extremely large for me. I’m taking a look forward to your subsequent submit, I?¦ll try to get the dangle of it!

  2. Hi blogger, i must say you have very interesting articles here.
    Your website should go viral. You need initial traffic
    boost only. How to get it? Search for; make your content go viral Wrastain’s tools

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here