Pesantren Salaf dan Pesantren Takhassus Inspiratif 2018

569
7526

Surabaya. jaringansantri.com. Dua pesantren penerima Santri of The Year 2018 kategori “Pesantren Salaf dan Pesantren Takhassus Inspiratif 2018” adalah
Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang dan Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo (Fiqh). Penghargaan ini diterima langsung oleh pengasuh di Gedung Sport Center UINSA Surabaya. Senin, 29 Oktober 2018.

Acara yang diadakan atas kerjasama Islam Nusantara Center (INC) dan UIN Sunan Ampel Surabaya ini, juga memberikan penghargaan kepada sejumlah pesantren dan santri inspiratif berprestasi dalam beberapa kategori.

Antara lain Pesantren Modern Inspiratif : Pesantren Amanatul Ummah Surabaya-Mojokerto, Pesantren Entrepreneur : Pesantren Al Mawaddah (Kudus), Santri Inspiratif Bidang Dakwah : Dr. KH. Imam Mawardi (Surabaya),Santri Inspiratif Bidang Pendidikan : Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag (Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang), Santri Inspiratif Bidang Wirausaha/ Entrepreneur : Dahlan Iskan, Santri Inspiratif Bidang Kepemimpinan dalam Pemerintahan Kabupaten/Kotamadya : H. Asip Kholbihi, SH., M.Si (Bupati Pekalongan)

Santri Inspiratif Bidang Kepemimpinan dalam Pemerintahan Provinsi : Dr. H. Nurdin Basirun, S.Sos, M.Si (Gubernur Kepulaun Riau). Santri Inspiratif Bidang Seni & Budaya : Veryal Eisha Aqila ‘Veve’ Zulfikar (Sidoarjo). Pahlawan Santri 2018 : KH Masjkur Malang. Santri Mengabdi Sepanjang Hayat : KH. Hasyim Muzadi.

Bagaimana sejarah singkat dua pesantren tua tersebut. Berikut perjuangan singkatnya.

Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

Sekitar tahun 1825 di sebuah desa yang jauh dari keramaian kota Jombang, tepatnya di sebelah utara kota Jombang, di Dusun Gedang kelurahan Tambakrejo, Kiai Abdus Salam atau Mbah Shoichah mendirikan pesantren.

Hingga saat ini, Pondok Pesantren Bahrul UlumTambakberas Jombang, merupakan salah satu pondok pesantren tertua dan terbesar di Jawa Timur yang hingga hari ini masih survive di tengah kecenderungan kuat sistem pendidikan formal. Dengan kultur dan kesederhanaan yang mandiri serta dekat dengan masyarakat, Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas meski telah melakukan pengembangan dan perubahan seiring dengan dinamika perkembangan dan tuntutan global, namun tetap mempertahankan nilai-nilai luhur kepesantrenan dan prinsip-prinsip Aqidah Ahlussunnah Wal-Jama’ah dalam tradisi salafnya.

Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras telah menginspirasi para santri untukn tetap memegang tradisi para kianya.

Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo (Fiqh)

Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo adalah salah satu pesantren terbesar di Jawa Timur.
Sejak Pesantren ini didirikan oleh Kyai Syamsul Arifin pada tahun 1908, terus fokus pada kajian fiqh, bahkan pada tahun 1990 membuka Ma’had Aly sebagai ikhtiar mengatasi kelangkaan ahli Fiqh.
Banyak alumninya saat ini menjadi ahli-ahli fiqh di berbagai daerah dan mewarnai pemabahasan-pembahasan fiqh di Indonesia.
Ma’had Aly bidang fiqh nya telah menginspirasi pesantren-pesantren lainnya untuk fokus pada keilmuan tertentu, agar terhindar dari kelangkaan ulama di kemudian hari.

569 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here