Categories:

Oleh: Moh Badrus zaman

Niat yang ikhlas

ikhlas adalah suatu sikap yang menjadikan niat hanya untuk Allah SWT dalam melakukan amalan ketaatan. Jadi, amalan ketaatan tersebut dilakukan dalam rangka mendekatkan diri pada Allah SWT bukan kepada pujian dari manusia.

Contoh dari perwujudan sikap ikhlas lainnya adalah ketika memberi sedekah atau berkorban demi kepentingan orang lain, maka kamu dianjurkan melakukannya dengan rasa ikhlas dan hanya mengharap ridho dari Allah SWT.

Doa kepada allah agar diberi kekuatan

Selain niat, doa bagi orang-orang yang ingin beristiqamah adalah suatu hal yang dilakukan seluruh umat nabi rasulullah,memang yang Namanya istiqamah selau ada ganguan terkadang iman naik dan turun. Doa dalam menjalani kewajiban menyembah allah dan selalu istiqamah

Kepadanya merupakan contoh orang yang ingin berubah dijalan allah. Tidak dipungkiri lagi jika kita berusah dan berdoa allah akan kasih jalan menuju istiqamah.

Cari kawan yang suka buat kebaikan

Selain menyadari bahwa istiqomah adalah tanda ikhlas, kunci agar istiqomah berikutnya adalah berkumpul dengan orang-orang yang senang istiqomah atau menjalankan kebaikan yang terus menerus.

“Kalau Anda senang duduk dengan orang tahajud biar pun Anda tidur ngorok sampai subuh  biasanya bisa bangun tahajud. Anda kumpul dengan orang dermawan (akan) terpancing kedermawanannya. Tapi (kalau) Anda duduk bersama orang pelit (akan) ketularan pelit,” tutur Buya Yahya.

Begitulah car akita mencari kawan dalam beristiqamah.

Baca sirah Nabawi dan para sahabat

mengapa kita perlu mempelajari sirah nabawiyah? Karena banyak sekali manfaat dan urgensinya. Dalam jalan menuju istiqamah kita perlu mengenal para sahabat rasulullah

menumbuhkan cinta kepada nabi muhamad saw. Menjalani sunnah sunnah nabi dan menjauhi larangan larangan allah itu sangatlah penting bagi orang yang ingin istiqamah.

Dengan kita mempelajari sirah Nabawi akan menjadi inspirasi dalam kehidupan, dengan rasulullah sebagai teladan utama. Sirah nabawiyah memudahkan kita mengikuti (ittiba’) Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Bukan hanya pada fiqih ahkam, namun juga fiqih dakwah. Mempelajari sirah nabawiyah adalah salah satu jalan untuk memahami kitabullah. Sebab banyak ayat Al Quran hanya bisa ditafsirkan dan dijelaskan dengan mencermati kejadian yang dialami Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan bagaimana sikap beliau menghadapi peristiwa itu.

Mulakan secara bertahap

Langkah yang harus dijalani untuk menuju keistiqamahan itu bertahap,mulai dari kita terbiasa menjalani sholat lima waktu ke masjid,sholat sunnah,bercakap yang baik-baik,ikut serta dalam kegiatan pengajian para ulama,berjalan Bersama sama dengan Ikhwan yang sholeh,dan masih banyak yang lainya.

Tentu bagi orang yang ingin beristiqamah tidak mudah karena memang iman umat nabi muhamad.saw terkadang turun dan naik,tergantung cara orang yang ingin benar benar dijalan yang benar.

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *