Bila malam Ramadhan datang, selain berwirid, ialah menjadi kebiasaan membaca kitab-kitab pegangan. Malam ini dapatlah kita mengulang kembali membaca Risalah Tsabitul Qulub jilid II sebagai karya masyhur dari Maulana Syaikh Mudo Abdul Qadim Belubus Payakumbuh (1875-1957 M), salah satu ulama sufi berpengaruh di Pedalaman Minangkabau.

Pada satu bagian risalah, Datuak kita tersebut berujar:

“Maka karena itu wajib kita menuntut ilmu fiqih, akan menerangkan sunnat, fardhu, halal dan haram, ashah dan batal, makruh dan harus, dan menuntut ilmu tauhid akan menerangkan sifat hamba dan Allah, dan ilmu hakikat bagi menjernihkan akan hati, maka dapatlah kita ilmu yaqin beramal dengan ikhlas hati kepada Allah Ta’ala.”

Bagian ini merupakan poin penting, bagi saya, yang patut digaris bawahi. Bahwa wajib mempelajari tiga ilmu ini, fiqih – tauhid – hakikat (tasawuf). Sebelumnya hal ini juga dijelaskan Imam Ghazali dalam Ihya-nya. Namun, beliau, Datuak Syaikh Mudo, memberikan ulas, bahwa kelengkapan tiga ilmu ini akan membawa seorang hamba kepada ilmu yaqin.

Ilmu,  tidak hanya dituntut tasawufnya (tanpa fiqih), agar tidak jatuh pada zindiq. Tidak pula hanya fiqih saja (tanpa tasawuf), agar tidak terjerembab dalam kekeliruan. Di antaranya ada ilmu tauhid, agar terbeda mana khaliq dan makhluk.

Di masa sekarang, ketiga ilmu ini harus aktif, agar tidak terpesong jalan. Seseorang yang memasang tiga ilmu ini, kita katakan, akan hidup tentram dan tenang; dapat memilah mana yang disebut ego/ nafsu dan mana yang dikenal dengan iman.

Ujung penghabisan kalam beliau:

agar dapat beramal ikhlas pada Allah. Ini menarik. Kenapa beliau menyebut ujungnya amal? Kenapa tidak ma’rifat? Mata dipejamkan, maka kita tulis, sebab kita sebagai hamba hanyalah dituntut ikhtiar beramal. Adapun hasil (ma’rifat) ialah anugerah dari Allah semata.

Sudahkan diri kita berikhtiar? Sebelum menyerah bulat-bulat untuk anugerah-Nya?

Ket Foto: Maulana Syaikh Mudo Abdul Qadim Belubus dalam usia senja. Difoto sekitar tahun 1954

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *