Categories:

Syeikh Ahmad Khatib Sambas adalah seorang ulama yang mendirikan perkumpulan Tarekat Qodiriyah wan Naqsyabandiyah. Tarekat ini merupakan perpaduan dan pengembangan dua metode Tarekat yang sama besarnya yakni Tarekat Qadiriyah dan Tarekat Naqsyabandiyah.

Syekh Ahmad Khatib Sambas dilahirkan di daerah Kampung Dagang, Sambas, Kalimantan Barat, pada bulan shafar 1217 H/1803 M. dari seorang ayah bernama Abdul Ghaffar bin Abdullah bin Muhammad bin Jalaluddin. Ahmad Khatib terlahir dari sebuah keluarga perantau dari Kampung Sange’. Pada masa-masa tersebut, banyak para perantau dari berbagai daerah yang merantau ke wilayah  Kalimantan Barat.

Menjalani masa-masa kecil dan masa remajanya, penuh dengan kegiatan agama. Sejak kecil, beliau diasuh oleh paman beliau yang terkenal sangat alim dan wara’ di wilayah tersebut. Sedang masa remaja beliau habiskan untuk mempelajari ilmu-ilmu agama, berguru dari satu guru-ke guru lainnya di wilayah yang sama. Salah satu guru beliau yang terkenal di wilayah tersebut adalah Tuan Guru H. Nuruddin Musthafa, Imam Masjid Jami’ Kesultanan Sambas.

Lantaran, keistimewaan beliau terhadap penguasaan ilmu-ilmu keagamaan, beliau kemudian dikirim oleh orang tua beliau untuk meneruskan pendidikan ke Timur Tengah, khususnya Makkah dan Madinah yang pada waktu itu menjadi pusat candradimuka pendidikan Islam paling terkemuka. Sekitar tahun 1820 M. beliaupun berangkat ke tanah suci untuk menuntaskan dahaga keilmuan beliau. Di sini kemudian beliau menikah dengan seorang perempuan Arab keturunan Melayu dan menetap di Makkah. Sejak saat itu, beliau memutuskan menetap di Makkah sampai wafat pada tahun 1875 M.

Guru-guru beliau di tanah suci, antara lain, Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari dari Martapura, Kalimantan Selatan, Syekh Daud bin Abdullah Al Fatani dari Pattani, Thailand Selatan, Syekh Abdussamad Al Palimbani dari Palembang, Sumatera Selatan, Syekh Abdul Hafidz al-Ajami, Syekh Ahmad al-Marzuqi, Syekh Syamsudin, mursyid tarekat Qadiriyah yang tinggal dan mengajar di Jabal Qubays Makkah.

Ketika beliau telah menjadi seorang ulama, beliau memiliki andil yang sangat besar dalam perkembangan kehidupan keagamaan di Nusantara, meskipun sejak kepergian beliau ke tanah suci, beliau tidaklah pernah kembali lagi ke tanah air dan kampung halaman beliau di Sambas. Diketahui, beliau merupakan ulama yang sangat berpengaruh, dan juga banyak melahirkan ulama-ulama terkemuka dalam bidang fiqh dan tafsir, dan terutama dalam bidang tasawuf dan tarekat. Ada empat muridnya yang begitu terkenal di Nusantara yakni Syekh Nawawi al-Bantani, Syekh Muhammad Khalil Bangkalan Madura, Syekh Abdul Karim, Tanara Banten dan Syekh Tolchah Cirebon

Tarekat Qadiriyah wan Naqsyabandiyah hasil formulasi beliau pernah menjadi tarekat amat besar pada abad ke 19 M. dan mempunyai peranan penting dalam kehidupan muslim Indonesia, terutama dalam membantu membentuk karakter masyarakat Indonesia. Bukan semata karena beliau sebagai pendiri adalah orang yang berasal dari Nusantara, tapi bahwa para pengikut kedua Tarekat ini adalah para pejuang yang dengan gigih senantiasa mengobarkan perlawanan terhadap imperialisme Belanda dan terus berjuang melalui gerakan sosial-keagamaan dan institusi pendidikan bahkan sampai setelah kemerdekaan.

Ajaran beliau hingga saat ini dapat dikenali dari karyanya berupa kitab FATHUL ARIFIN yang merupakah sebuah notulensi dari ceramah-ceramah beliau yang ditulis oleh salah seorang dari murid beliau yakni Syekh Muhammad Ismail bin Abdurrahim. Notulensi ini dibukukan di Makkah pada tahun 1295 H. yang memuat tentang tata cara bertarekat, baiat, talqin, dzikir, muqarobah dan silsilah Tarekat Qadiriyah wan Naqsyabandiyah.

Kitab inilah yang hingga saat ini masih dijadikan pegangan oleh para mursyid dan pengikut Tarekat Qadiriyah wan Naqsyabandiyah untuk melaksanakan prosesi-prosesi peribadatan khusus buat mereka. Dengan demikian maka tentu saja nama beliau, Syekh Ahmad Khatib Sambas selalu dikenang dan di panjatkan dalam setiap doa dan munajat dalam menelusuri jalan menuju Allah melalui tarekat ini

Walaupun beliau termasyhur sebagai seorang tokoh sufi, namun beliau juga menghasilkan karya dalam bidang ilmu fikih yang berupa manusrkip Risalah Jum’at. Naskah tulisan tangan ini dijumpai tahun 1986, bekas koleksi Haji Manshur yang berasal dari Pulau Subi, Kepulauan Riau. Demikian menurut Wan Mohd. Shaghir Abdullah, seorang ulama penulis asal tanah Melayu. Kandungan manuskrip ini, membicarakan masalah seputar seluk-beluk hari Jum’at, juga membahas mengenai hukum penyembelihan secara Islam. Pada bagian akhir manuskrip, terdapat pula suatu nasihat panjang, dan kemudian ditutup dengan beberapa amalan wirid beliau di luar amaliyah Tarekat Qadiriyah-Naqsyabandiyah.

Karya lain juga masih berupa manuskrip membicarakan tentang fikih, mulai thaharah, shalat dan penyelenggaraan jenazah ditemukan di Kampung Mendalok, Sungai Kunyit, Kabupaten Pontianak, Kalimantan Barat, pada 6 Syawal 1422 H/20 Disember 2001 M. karya ini berupa manuskrip tanpa tahun, hanya terdapat tahun penyalinan dinyatakan disalin pada hari kamis, 11 Muharam 1281 H. oleh Haji Ahmad bin Penggawa Nashir.

Sepeninggal beliau pada tahun 1875 M. Syekh Nawawi al-Bantani ditunjuk meneruskan mengajar di Madrasah beliau di Makkah tapi tidak diberi hak membaiat murid dalam tarekat Qadiriyah wan Naqsyabandiyah karena Nawawi sudah sebagai salah mursyid tarekat Sammaniyah. Sedangkan Syekh Muhammad Kholil, Syekh Abdul Karim dan Syekh Tolhah diperintahkan pulang ke tanah Jawa dan ditunjuk sebagai Khalifah yang berhak menyebarkan dan membaiat murid dalam tarekat Qadiriyah wan Naqsyabandiyah.

Murid murid Syekh Ahmad Khatib Sambas diatas adalah guru para Ulama-Ulama Nusantara generasi berikutnya yang dikemudian hari menjadi ulama yang mendirikan pondok pesantren dan biasa dipanggil dan digelari sebagai Kyai, Tuan Guru, Ajengan, Bindereh, Buya dan sebagainya. Allah Yarham.

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *