Guru Zali atau Ustadz Ahmad Ghazali  merupakan panggilan populer dari Tuan Guru H. Ahmad Ghazali yang mempunyai nasab dari Syekh Muhammad Kasyful Anwar (pembaharu PP. Darussalam, Martapura) sekaligus Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari (Datu Kalampayan). Silsilah dari fihak ayah adalah Tuan Guru H. Ahmad Ghazali bin Syekh Ahmad Marzuqi bin Musthafa bin H.M. Arsyad (kakek Syekh Muhammad Kasyful Anwar) bin M. Shaleh bin Maulana Badruddin bin Maulana Kamaluddin. Silsilah dari pihak ibu adalah Tuan Guru H. Ahmad Ghazali binti Aminah binti Syekh Abdullah Khatib bin H.M. Sholeh bin Khalifah Hasanuddin bin Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari. 

Sejak kecil beliau dididik oleh ayah beliau sendiri Tuan Guru H. Ahmad Marzuqi terutama dalam ilmu agama. Ayah beliau ini salah satu murid sekaligus keponakan Syekh Muhammad Kasyful Anwar sebagaimana Tuan Guru H. Muhammad Anang Sya’rani Arif (Guru Anang), Tuan Guru H. Muhammad Syarwani Abdan (Guru Bangil), dan hanya seperguruan dengan Tuan Guru H. Tuan Guru H. Muhammad Samman (Ayah Guru Anang Jazouli), Tuan Guru H. Abdul Qadir Hasan (Guru Tuha), Tuan Guru H. Muhammad Salim Ma’ruf, Tuan Guru H. Husein (putera Syekh Ali Al-Banjari), Tuan Guru H. Salman Yusuf dan Tuan Guru H. Muhammad Samman Mulya (Guru Padang). Kemudian, beliau melanjutkan pendidikan formal di Pesantren Darussalam, entah sampai selesai atau tidak, yang jelas dikemudian hari diketahui beliau sebagai salah satu pengajar di sana yang mengabdi sepenuh jiwa-raga. Berarti para pengajar PP. Darussalam pada zaman beliau nyantri adalah guru-guru beliau semua termasuk teman-teman seangkatan ayah beliau.

Cuma, beliau berguru khusus kepada Guru Bangil, keluarga dekat (peranah Marina) beliau sendiri sehingga bisa dikatakan seperguruan dengan Tuan Guru H.M. Zaini Ghani (Guru Sakumpul), Tuan Guru H. Ahmad Bakri (Guru Bakri), Tuan Guru H. Asmuni (Guru Danau), Tuan Guru H. Ahmad Syarwani Zuhri (Guru Syarwani) dan lain-lain. Kata anak beliau sendiri (Guru Kubah), pada suatu waktu penghujung bulan Dzulhijjah, beliau berkunjung ke tempat guru beliau (Guru Bangil) yang sangat beliau segani di Bangil, Jawa Timur, beliau diberi hadiah berupa kitab “Tsabat Husnul Wafa”, yang berisi kumpulan sanad dan Ijazah. Setelah itu Guru Bangil ijazahkan, lalu meminta beliau sang murid berdoa, maka berdoalah sang murid, kemudian dilanjutkan oleh sang guru berdoa secara bergantian saling mendoakan. Memang di antara kebiasaan beliau membeli kitab, selalu membawanya kepada Guru Bangil untuk diperiksa, apakah kitab-kitab tersebut tidak keluar dari Ahlussunnal wal Jamaah ? Beliau begitu berhati-hati sehingga sangat khawatir, jika kitab  yang akan beliau baca dan pelajari termasuk ajaran yang tidak sesuai dengan Ahlussunnah wal Jamaah.

Ketika beliau sudah dianggap mampu untuk menikah, maka beliau menyunting perempuan solehah bernama Aliyyatul Makkiyah bin H.M. Rois. Beliau berbahagia dengan kehidupan yang sangat sederhana secara ekonomi, tapi dengan sekuat daya upaya beliau adalah seorang suami dan ayah yang sangat mengayomi keluarga dan mencukupi kebutuhan ekonomi rumah tangga bahkan beliau juga sang pendidik yang sukses mendidik putera dan Puteri beliau. Terbukti anak beliau Tuan Guru H. Munawir (Guru Tuha) dan Tuan Guru H. Munawar (Guru Kubah) adalah hasil jerih payah proses pendidikan yang beliau lakukan.

Dikemudian hari, beliau dikenal sebagai ulama yang khumul yakni ulama yang suka menyembunyikan ilmu dan amal serta tidak suka kemasyhuran. Beliau juga, suka berkunjung dan bersilaturrahmi kepada para ulama untuk beramah-tamah sekaligus berdiskusi tentang berbagai masalah agama dan lika-liku kehidupan. Beliau suka pula menghauli keluarga, para guru, para ulama, para wali, pada setiap tanggal atau bulan wafatnya. Tradisi yang disebut terakhir ini dilanjutkan dan dilestarikan hingga sekarang oleh anak beliau Tuan Guru H. Munawar (Guru Kubah), baik dengan acara besar-besaran maupun sederhana saja.

Dalam kesibukan beliau berkhidmad menjadi staf pengajar PP. Darussalam dan berhenti beberapa tahun menjelang wafat, dan secara istiqamah mengajar murid di rumah beliau bertempat tinggal, di Kampung Melayu, Martapura. Ulama yang suka berpenampilan sederhana ini masih sempat menulis beberapa kitab dan risalah, di antaranya yakni Risalah Al-Zad Al-Ma’ad, berisi tentang ilmu-ilmu yang fardlu ‘ain (Tauhid, Fiqih dan Tasawuf) memakai bahasa Banjar beraksara Arab- Melayu, Risalah Dhiya Al-Murid, mengandung tentang amaliyah salat sunat Tasbih serta kelebihannya dengan beberapa amalan dan doa para shalihin, I’anah Al-Shalihin, berbicara tentang adab-adab saat berzikir.

Tepat tanggal 12 Safar 1410 H. sang guru yang beliau hormati (Guru Bangil), berpulang ke Rahmatullah, dan dua bulan kemudian beliau sebagai sang murid yang mencintai menyusul berpulang ke Rahmatullah tepat hari Jum’at tanggal 18 Rabiul Akhir 1410 H., di Kampung Melayu Ilir. Ketika beliau dikebumikan hujan turun, tapi tatkala pemakaman usai hujanpun reda. Beliau ditalkinkan oleh tiga ulama besar yakni Tuan Guru H. Abdus Syukur (pimpinan PP. Darussalam, Martapura), Tuan Guru H. Ahmad Syarwani Zuhri (pimpina PP. Muhammad Arsyad Al-Banjari, Balikpapan) dan Tuan Guru H. Ramli Achmad Kraton (Ulama yang bergelar Ahli Tauhid di Martapura). Beliau dimakamkan di samping orang tua beliau Tuan Guru H. Ahmad Marzuqi bin Musthafa, dan dibangunkan kubah di Turbah pemakaman Kubah Syekh Muhammad Kasyful Anwar, di Kampung Melayu Ilir, Martapura. Allah Yarham.

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *