Syaikh Abdul Majid al-Khani an-Naqsyabandi (w. 1318 H.) menjelaskan bahwa silsilah Tarekat Naqsyabandiyah ada tiga.

Pertama, melalui Sayyidina Ali bin Abi Thalib, yaitu:

  1. Sayyidina Ali bin Abi Thalib
  2. Sayyidina Husain bin Ali bin Abi Thalib
  3. Sayyidina Zainal Abidin Ali al-Ashghar
  4. Sayyidina Muhammad Baqir
  5. Sayyidina Ja’far as-Shadiq
  6. Sayyidina Musa al-Kadzim
  7. Sayyidina Ali Ridla
  8. Syaikh Ma’ruf al-Karkhi
  9. Syaikh Sirri as-Saqathi
  10. Syaikh Abul Qasim Junaid al-Baghdadi
  11.  Syaikh Abu Ali ar-Rudzbari
  12. Syaikh Abu Ali al-Katib
  13. Syaikh Abu Utsman al-Maqhribi
  14. Syaikh Abul Qasim al-Kurkani
  15. Syaikh Abu Ali al-Farmadi.

Silsilah ini disebut silsilah emas karena melalui Sayyidina Ali dan keturunannya hingga Sayyidina Ali Ridla.

Kedua, juga melalui Sayyidina Ali bin Abi Thalib, yaitu:

  1. Sayyidina Ali bin Abi Thalib
  2. Syaikh Hasan al-Bashri
  3. Syaikh Habib al-Ajami
  4. Syaikh Daud at-Thai
  5. Syaikh Ma’ruf al-Karkhi

Dari beliau, silsilah yang kedua ini bersambung dengan silsilah yang pertama.

Ketiga, jalur Sayyidina Abu Bakar as-Shiddiq, yaitu:

  1. Sayyidina Abu Bakar as-Shiddiq (w. 13 H.)
  2. Sayyidina Salman al-Farisi (w. 36 H.)
  3. Sayyidina Qasim bin Muhammad bin Abu Bakar as-Shiddiq (w. 178 H.)
  4. Sayyidina Ja’far as-Shadiq
  5. Sayyidina Abu Yazid al-Bisthami (w. 261 H.)
  6. Sayyidina Abul Hasan al-Kharqani (w. 425 H.)
  7. Sayyidina Abu Ali al-Farmadi (w. 447 H.)

Dari beliau, silsilah ini bertemu dengan silsilah yang pertama dan berlanjut hingga Sayyidina Muhammad Bahauddin Syah Naqsyaband:

  1. Sayyidina Yusuf al-Hamdani (w. 535 H.)
  2. Sayyidina Abdul Khaliq al-Ghujdawani
  3. Sayyidina Arif ar-Riwakri
  4. Sayyidina Mahmud al-Injir Faghnawi
  5.  Sayyidina Ali ar-Ramitani (w. 715 H.)
  6. Sayyidina Muhammad Baba as-Sammasi (w. 755 H.)
  7. Sayyidina Amir Kulal
  8. Sayyidina Muhammad Bahauddin Syah Naqsyaband (w. 791 H.) quddisa sirruhum.

Berdasarkan latar belakang sejarah itulah, di kemudian hari banyak dari Habaib yang bergabung dengan Tarekat Naqsyabandiyah, bahkan menjadi mursyid. Berikut penulis sajikan manaqib singkat beberapa Habaib yang menjadi mursyid Tarekat Naqsyabandiyah:

SAYYID SYARIF AL-JURJANI

Beliau merupakan khalifah Syaikh Muhammad Alauddin al-Atthar (menantu sekaligus khalifah Syaikh Muhammad Bahauddin Syah Naqsyaband). Beliau pernah berkata “Sejak bertemu dengan Syaikh Alauddin, saya mengenal Allah.”

SAYYID ALI AL-KURDI AS-SYAHID (w. 925 H.)

Beliau bermulazamah pada Syaikh Ubaidillah al-Ahrar (806-895 H.) sampai akhirnya ditunjuk menjadi khalifah. Setelah sang guru wafat, beliau mukim di Qazwain seraya mendidik para salik. Penguasa setempat membunuh beliau secara zhalim pada 925 H.

SAYYID MUHAMMAD SHALIH AZ-ZAWAWI (1246-1307 H.)

Beliau adalah khalifah Syaikh Muhammad Muzhar (1248-1301 H.) bin Syaikh Ahmad Said (1217-1277 H.) bin Syaikh Abu Said al-Ahmadi (1196-1250 H.).

Putra beliau, Sayyid Abdullah az-Zawawi, juga mursyid Naqsyabandiyah.

SAYYID MUHAMMAD ALWI AL-MALIKI (w. 2004 M.)

Silsilah Naqsyabandiyah beliau dapatkan dari Syaikh Abdul Ghafur al-Abbasi al-Madani, khalifah Syaikh Muhammad Sirajuddin, khalifah Syaikh Muhammad Utsman ad-Damani, khalifah Syaikh Dausat Muhammad al-Qandahari, khalifah Syaikh Ahmad Said al-Ahmadi. Di Indonesia, khalifah Sayyid Muhammad adalah Kiai Lathifi Baidlawi Malang (1919-1996 M.).

HABIB MUHSIN BIN ALI AL-HINDUAN (20 Juni 1920 – 02 Mei 1980 M.)

Sejak tahun 1938, beliau belajar dan mengamalkan Tarekat Naqsyabandiyah Muzhariyah pada Syaikh Sirajuddin Kajuk, Syaikh Fathul Bari, Syaikh Syamsuddin Ombul dan Kiai Ali Wafa Ambunten.

Para dzurriyah Khulafaur Rasyidin juga bergabung dalam Naqsyabandiyah.

Sayyidina Abu Bakar as-Shiddiq dan cucunya, Sayyidina Qasim bin Muhammad bin Abu Bakar as-Shiddiq menjadi penghulu tarekat ini.

Syaikh Ahmad bin Abdul Ahad as-Sirhindi al-Faruqi adalah keturunan Amirul Mukminin Umar bin Khattab. Juga putra beliau, Syaikh Muhammad Ma’shum, dan cucu beliau, Syaikh Saifuddin. Kelak, keturunan Syaikh Saifuddin kembali memimpin Naqsyabandiyah berturut-turut juga; Syaikh Abu Said al-Ahmadi, Syaikh Ahmad Said dan Syaikh Muhammad Muzhar. Saat ini, silsilah dari Abu Said disebut dengan Naqsyabandiyah Ahmadiyah Muzhariyah.

Setidaknya, ada empat dzurriyah Sayyidina Utsman bin Affan yang menjadi mursyid: (1) Syaikh Khalid al-Utsmani as-Syahrazawri (1193-1242 H.), khalifah Syaikh Abdullah ad-Dihlawi sekaligus guru utama Naqsyabandiyah  Khalidiyah. Jalur Tarekat Naqsyabandiyah Haqqaniyah melalui Syaikh Khalid ini. (2) Syaikh Tsanaullah, Penulis Tafsir al-Muzhari. (3) Syaikh Fadlullah, saudara Syaikh Tsanaullah. (4) Syaikh Ahmad, putra Syaikh Tsanaullah. Beliau bertiga menjadi khalifah Syaikh Habibullah Jan Janan.

Sayyidina Ali beserta keturunannya merupakan mata rantai emas dalam tarekat ini. Pada periode berikutnya, anak-cucu Rasulullah mengikuti jejak sang kakek.

Tak ketinggalan, keturunan Imam Malik (pendiri Madzhab Maliki), Syaikh Abdul Khaliq bin Abdul Jamil al-Ghujdawani dan putranya, Syaikh Gharib, juga menjadi tokoh tarekat ini. Para Ulama’ Hanafiah dan Syafi’iyah juga banyak bergabung.

Dzurriyah pendiri tarekat lainnya juga ada yang menjadi mursyid Naqsyabandiyah, seperti Syaikh Abid Jalbi al-Qirmani, keturunan Maulana Jalaluddin Rumi (604 – 672 H.), Pendiri Tarekat Maulawiyah. Syaikh Abid adalah khalifah Sayyid Amir Ahmad al-Bukhari (w. 922 H.), khalifah Syaikh Ubaidillah al-Ahrar sekaligus cucu Syaikh Mahmud al-Injir Faghnawi.

Syaikh Ghulam Muhyiddin, keturunan Pendiri Tarekat Qadiriyah, Syaikh Abdul Qadir al-Jailani (470-561 H.), juga menjadi khalifah Syaikh Habibullah Jan Janan (1113-1195 H.)

Wallahu a’lam.

Kambingan Barat. Senin, 30 Syawal 1441 H. / 22 Juni 2020 M.

Ket. Foto: Habib Muhsin al-Hinduan Sumenep

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *