Dawuh Imam Ghozali, selentingan atau pikiran buruk (khotir syarr) yang melintas itu ada kalanya dari setan, ada kalanya dorongan hawa nafsu dan ada kalanya cobaan atau siksaan dari Gusti Allah. Ada ciri-ciri yg bisa kita amati mana khotir syarr dari setan, dari hawa nafsu atau dari Gusti Allah.
- Kalo khotir syarr itu kuat banget dan gak berubah, ada kalanya itu hawa nafsu dan ada kalanya cobaan. Tapi kalo maju mundur dan timbul tenggelam (tidak tetap), itu dari setan.
Misal lihat mangga, kalo muncul pikiran pingin nyolong itu kuat, itu bisa dari hawa nafsu atau cobaan. Kalo mau nyolong kok masih maju mundur, itu dari setan.
- Kalo khotir syarr datang setelah melakukan dosa, itu dari Gusti Allah sebagai hinaan bagi kita. Sehingga, kalo dituruti, karakter perbuatan dosa itu akan jadi stempel keburukan bagi kita.
Misal habis nyolong mangga satu, kepikiran nyolong mangga lagi, berarti kita lagi disiksa berupa perbuatan maksiat oleh Gusti Allah. Kalo dituruti, karakter tukang nyolong akan melekat pada kita.
Kalo datangnya mendadak tanpa di awali perbuatan dosa, misal pas lagi gabut, tiba2 kepikiran pingin nyolong mangga. Ini dari setan.
- Kalo khotir syarr ini terus muncul, gak berubah, gak maju mundur, susah hilang walau dengan dzikir, ini dari hawa nafsu. Kalo khotir yg kuat, gak berubah, gak maju mundur, tapi bisa mereda dan hilang dengan dzikir, maka ini dari setan.
Misal pas keinginan nyolong kuat banget, trus dzikir gak ilang2, ini dari hawa nafsu. Kalo kita dzikir kok mereda, ini dari setan.
Maka, obat khotir syarr kalo datang Gusti Allah, kita banyakin tobat dan istighfar. Karena yakin Gusti Allah Maha Luas Ampunan-Nya. Kalo dari setan, kita harus banyak dzikir. Karena yakin bisikan setan itu lemah walau licin.
Yang berat kalo khotir syarr dari hawa nafsu diri kita sendiri. Kita harus banyak melatih diri kita dengan berbagai ilmu, dzikir, pikir, tirakat dan punya tekad untuk menghiasi hati dgn akhlaq baik. Sehingga diri kita berubah.
Tentu semua obat itu didapat atas petunjuk dari dokternya, mbah. Yaitu para ulama kita.
No responses yet